Jokowi Wali Kota Terbaik Ketiga Sedunia 2012

Jokowi berhasil masuk dalam daftar 10 besar walikota terbaik dunia. Pria yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta ini dianggap berprestasi mengubah imej kota Surakarta menjadi kota seni budaya dari kota rawan kriminalitas. 

Sejak menjabat sebagai walikota Surakarta di 2005, Jokowi memang aktif Jokowi membangun kota Surakarta atau yang juga disebut kota Solo hingga blusukan menyambangi warganya. Ia juga kerap mengampanyekan gerakan anti korupsi, yang membuatnya mendapatkan reputasi sebagai politisi paling jujur di Indonesia.




Gebrakan Jokowi ketika menjadi walikota Surakarta juga diwarnai aksinya membeli mobil SUV Esemka seharga Rp 95 juta. Ditambah lagi keputusan Jokowi yang menolak mengambil gaji selama dia menjabat sebagai Walikota Surakarta.

Tidak heran media internasional seperti majalah Time hingga surat kabar New York Post bahkan sering mengulas sepak terjang lelaki berperawakan kecil ini hingga nama Jokowi cukup akrab di mata dunia.

Sebelum berada di posisi finalis lima besar, Jokowi menyisihkan dua nama lain dari Indonesia yakni Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani dan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo. Namun, keduanya kalah tenar dari sepak terjang Jokowi saat membangun Surakarta

Di urutan kedua walikota terbaik dunia 2012 ditempati oleh Lisa Scaffidi karena kedekatannya dengan warga. Lisa yang terpilih sebagai walikota Perth pada tahun 2007 menganggap media sosial, seperti Facebook dan Twitter sebagai alat promosi abad 21. Melalui media sosial tersebut dia bisa berkomunikasi dengan warga yang tidak bisa dijangkaunya.

Sedangkan di urutan pertama yang terpilih sebagai wakilota terbaik dunia 2012 adalah Inaki Azkuna, Walikota Bilbao, Spanyol. Inaki mendapatkan posisi pertama karena dianggap berhasil mengubah imej kota Bilbao dari kota industri menjadi kota pariwisata. Hal ini ditandainya dengan pembukaan Museum Guggenheim pada tahun 1997 yang kini menjadi ikon kota tersebut.

The City Mayors Foundation merupakan organisasi nirlaba yang didirikan pada 2003 untuk mempromosikan, mendorong, dan memfasilitasi pemerintahan lokal terbuka dan kuat.

Adapun kriteria walikota terbaik dunia adalah mengedepankan kejujuran, memiliki visi jelas selama kepemimpinannya, mampu mengatur kota dengan baik, perduli terhadap aspek ekonomi dan sosial, mampu meingkatkan keamanan dan lingkungan sekitarnya, termasuk juga memiliki kedekatan dengan warganya. 

Berikut daftar lengkap 10 walikota terbaik dunia:
1. Inaki Azkuna, Bilbao, Spanyol;
2. Lisa Scaffidi, Perth, Australia;
3. Joko Widodo, Surakarta, Indonesia;
4. Regis Labeaume, Quebec City, Kanada;
5. John F Cook, El Paso, AS;
6. Park Wan-su, Changwon City, Korea Selatan;
7. Len Brown, Auckland, Selandia Baru;
8. Edgardo Pamintuan, Angeles City, Philippines;
9. Mouhib Khatir, Zeralda, Aljazair;
10. Alfonso Sanchez Garza, Matamoros, Mexico.                         Source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nobody junk and spam, oke brur !