Software DIA diagram

DIA adalah sebuah software yang bersifat free dan open source yang berfungsi untuk membantu pembuatan dan perencanaan diagram agar lebih terstruktur. Aplikasi ini memiliki kelebihan, salah satunya adalah dapat dijalankan di berbagai platform seperti Windows, Mac OS dan Linux. Software ini dikembangkan sebagai bagian dari GNOME oleh Alexander Larsson. GNOME merupakan GUI yang berjalan diatas sistem operasi seperti Linux dan Solaris, perlu diketahui “DIA” dibuat menggunakan bahasa pemrograman C.

DIA dibuat karena diilhami oleh program populer keluaran Microsoft yang bersifat komersial namun berbayar bernama Microsoft Visio. Ukuran instalernya pun tidak besar, hanya sekitar 18Mb sedangkan Microsoft Visio yang berukuran 200Mb. DIA dapat dimanfaatkan oleh para analisis untuk membuat diagram antar entitas, diagram UML, diagram alur, diagram logic bahkan diagram networking Cisco. Ekstensi yang tersedia dapat disimpan sebagai *.jpg, *.png, *.wmf, *.cgm, *.vdx, dsb. Selain itu, Dia juga mendukung untuk bisa membuka dan mengolah file gambar dengan berbagai format XML. Karena bersifat open source, kita pun dapat pula menambah bentuk atau objek baru dengan membuat file XML sederhana berformat .SVG atau umumnya dibuat dengan Inkscape.

 
DIA lebih sering digunakan oleh pemula untuk membuat diagram, karena ukurannya yang kecil dan lebih mudah pemakaiannya dibandingkan dengan software-software diagram lain, seperti Microsoft Visio. Adapun jenis portable dari software DIA ini, memungkinkan agar dapat dibawa/dipindah dan dipakai hanya dengan menempatkannya di dalam flasdisk yang dapat dibawa kemana saja sehari-hari. 
Karena DIA merupakan Open Source, siapapun dapat meng-edit isi dari DIA yang tersedia dan membuat baru tampilan yang diinginkan lalu mempublikasikan sesuai dengan nama peng-editnya. DIA umumnya pertama kali diajarkan di tingkat SMA/SMU Negeri maupun Swasta.

Disamping ini tampilan awal DIA, Menu Toolbar, General Tools, Arrow style, Line style dll.

Untuk memilih, memperbesar layar, membuat teks, meng-edit teks, memasukkan gambar/image, membuat garis/anak panah semua nya berada di General Tools.








Lalu untuk membuat halaman baru, membuka file yang tersimpan, save/save-as, meng-eksport file, print, meng-copy, cut dan paste, memperbesar/kecil layar, ukuran zoom. Semua tombol ada di Toolbar yang berada di bawah Menu Toolbar.




Lalu untuk membuat diagram flowchar, network, uml, relation dan diagram-diagram lain, bisa ditemukan disamping kiri layar dan di bawah General Tools.








Untuk memilih jenis garis/anak panah, tebal-tipis garis, panah start/panah end, screenshotnya seperti disamping. 










BEBERAPA JENIS DIAGRAM YANG BISA DIBUAT PADA DIA :

1. Diagram Flowchart (Diagram Alir)
Flowchart adalah Merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutanannya dengan menghubungkan masing-masing langkah tersebut menggunakan tanda panah. 



 
 


2. Diagram Network Topology Star 
Diagram Network, jaringan-jaringan yang menghubungkan server dengan client-client yang ada. Client tersebut tidak dapat terhubung dengan clien yang lain jika tidak ada Server utama.
Jaringan disamping dinyatakan Topology star karena masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke server. Keunggulan dari topology tipe star ini adalah bahwa dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation ke server, maka bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan meningkatkan unjuk kerja jaringan secara keseluruhan.







3. Diagram UML Use Case
Diagram UML use case, menyajikan interaksi antara use case dan aktor. Dimana, aktor dapat berupa orang, peralatan atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem yang sedang dibangun. Use case menggambarkan fungsionalitas sistem atau persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi sistem dari pandangan pemakai.
Itulah sedikit penjelasan tentang DIA dari saya, bila ada kekurangan/salah kata dalam artikel tentang software DIA untuk sekiranya mengerti karena saya juga manusia yang masih banyak kekurangan dan butuh bimbingan dari teman-teman sekalian. Regards :)